"Selamat Datang Di Website Resmi SMPN 2 Danau Panggang"

Presented By SMPN 2 Danau Panggang

Pintu Gerbang Sekolah SMPN 2 Danau Panggang.

Presented By SMPN 2 Danau Panggang

Pengalungan Medali Perpisahan Oleh Kepala Sekolah Kepada Murid Yang Meninggalkan.

Presented By SMPN 2 Danau Panggang

Jurnalis Buletin Sekolah sedang mewawancarai dr.Boby, doctor Puskesmas Paminggir

Presented By SMPN 2 Danau Panggang

Proses belajar mengajar dengan menggunakan ICT

Presented By SMPN 2 Danau Panggang

Pembelajaran Siswa Di luar Kelas.

Presented By SMPN 2 Danau Panggang

Pembelajaran Siswa Di Luar Kelas.

Presented By SMPN 2 Danau Panggang

Preview Kegiatan Ekstrakurikuler.

Presented By SMPN 2 Danau Panggang

Photo Bersama Dewan Guru dan Siswa Siswi SMPN 2 Danau Panggang tahun 2011/2012.

Jumat, 28 Juni 2013

CONTOH JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN

Jurnal Penelitian Pendidikan:

  1. PENGEMBANGAN MATERI DAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK BERBASIS MEDIA DAN BERKONTEKS LOKAL SURAKARTA DALAM MENUNJANG KTSP
  2. PENGEMBANGAN MEDIA KOMPUTER PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA DAERAH POKOK BAHASAN AKSARA JAWA KELAS VII DI SMP NEGERI 2 SIDOARJO 
  3. STRATEGI MENUMBUHKAN SIKAP DAN PERILAKU WIRAUSAHA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF YANG BERWAWASAN KEWIRAUSAHAAN 
  4. MODEL PENDIDIKAN BERWAWASAN KEBANGSAAN BAGI ANAK USIA DINI SEBAGAI SARANA INTEGRASI BANGSA 
  5. PENINGKATAN KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENULIS DI KELAS II SEKOLAH DASAR 
  6. PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN PENDEKATAN SAVI (SOMATIS, AUDITIORI, VISUAL DAN INTELEKTUAL) PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI KUTAWARU 04 KECAMATAN CILACAP TENGAH KABUPATEN CILACAP TAHUN PELAJARAN 2009-2010 
  7. PENERAPAN STRATEGI MODELING PARTISIPAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGUNGKAPKAN PENDAPAT  
  8. PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK PESERTA DIDIK TUNAGRAHITA RINGAN SLB PEMBINA MALANG 
  9. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Metode Active Learning pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas 2/B MI Islamiyah Geluran Taman Sidoarjo Tahun Pelajaran 2009-2010 
  10. Upaya Meningkatkan Proses Belajar dan Hasil Belajar Fiqih melalui Pendekatan Active Learning pada Siswa Kelas III MINU Pucang Sidoarjo 
  11. Penggunaan Kartu Tagihan Hafalan Qunut sebagai Upaya untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fiqih Siswa Kelas 2 MI Geluran Taman Sidoarjo Tahun Pelajaran 2009/2010  
  12. Penerapan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas V pada Mata Pelajaran Fiqih di MI NU KH. Mukmin Sidoarjo  
  13. PENINGKATAN KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENULIS DI KELAS II SEKOLAH DASAR 
  14. Penerapan Metode Demonstrasi dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fikih Kelas V di MINU KH. Mukmin Sidoarjo Tahun Pelajaran 2009/2010  
  15. Peningkatan Motivasi Menghafal Surat Pendek Mata Pelajaran Al-Qur'an Hadits dengan Media Audio Visual pada Kelas II MI Al-Hikmah Buduran Sidoarjo 
  16. Upaya Peningkatan Aktifitas Belajar Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Materi Asma'ul Husna Kelas IV Semester II di MINU Pucang Sidoarjo Tahun Pelajaran 2009 – 2010  
  17. Upaya Peningkatan Keterampilan Berargumentasi Pendidikan Agama Islam dengan Metode Two Stay Two Stray pada Siswa Kelas XI di SMA Al-Muniroh Ujung Pangkah Gresik 
  18. Penerapan Metode Kooperatif NHT (Numbered Head Together) untuk Meningkatkan Minat Belajar Al-Qur’an Hadits Siswa-Siswi Kelas IV A SD Darul Ulum Bungurasih 
  19. PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TIPE QUIZ TEAM PADA MATA PELAJARAN KETERAMPILAN DASAR KOMUNIKASI DI SMK NEGERI 1 BOGOR 
  20. Meningkatkan Prestasi Belajar Akidah Akhlak melalui Cooperative Learning Tipe Student Team Achievement Division pada Siswa-Siswi Kelas V/b SD Darul Ulum Bungurasih Waru Sidoarjo Tahun Pelajaran 2009/2010 
  21. Meningkatkan Kompetensi Belajar Membaca Al-Qur’an melalui Metode Uji Performance pada Siswa Kelas III MI Nur Rohman Sambibulu Taman Sidoarjo Tahun Pelajaran 2009/2010 
  22. PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TAI (Team Assisted Individualization) DILENGKAPI MODUL DAN PENILAIAN PORTOFOLIO UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENENTUAN DH REAKSI SISWA SMA KELAS XI SEMESTER I 
  23. JUDUL SKRIPSI dengan bentuk PTK (Penelitian Tindakan Kelas):UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STRATEGI EVERYONE IS ATACHER HERE (PTK PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 KARTASURA) 
  24. PENINGKATANPEMAHAMAN RUMUS GEOMETRI MELALUI PENDEKATAN REALISTIK DI SEKOLAH DASAR 
  25. PENINGKATAN KOMPETENSI MENULIS PENGALAMAN SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 2 GATAK KABUPATEN SUKOHARJO MELALUI POLA LATIHAN BERJENJANG 
  26. MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA MELALUI PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE TEAM ACCELERATED INSTRUCTION (TAI) UNTUK MENGATASI HETEROGENITAS KEMAMPUAN SISWA DI KELAS X SMAN 2 BANJARMASIN 
  27. PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN PENDEKATAN SAVI (SOMATIS, AUDITIORI, VISUAL DAN INTELEKTUAL) PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI KUTAWARU 04 KECAMATAN CILACAP TENGAH KABUPATEN CILACAP TAHUN PELAJARAN 2009-2010 
  28. PENGEMBANGAN MATERI DAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKAREALISTIK BERBASIS MEDIA DAN BERKONTEKS LOKAL SURAKARTA DALAM MENUNJANG KTSP 
  29. PENERAPAN STRATEGI MODELING PARTISIPAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGUNGKAPKAN PENDAPAT 
  30. MODEL PEMBELAJARAN BERKEHIDUPAN BERSAMA LINTAS ETNIK DAN AGAMA 
  31. KONTEKS, ACUAN, DAN PASRTISIPAN DISFEMISME PADA UJARAN SISWA SMP NEGERI 3 UNGARAN 
  32. Efektifitas Konseling Rasional Emotif Dengan Teknik Relaksasi untuk Membantu Siswa Mengatasi Kecemasan Menghadapi Ujian
  33. CHARACTER BUILDING: PENGARUH PENDIDIKAN NILAI TERHADAP KECERDASAN EMOSI ANAK 
  34. PEMBELAJARAN SASTRA DI KELAS X RINTISAN SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL SMA NEGERI 8 YOGYAKARTA

CONTOH PTK

Download contoh laporan PTK SMP dari link berikut:

  1. PENERAPAN PENDEKATAN MODIFIKASI PERMAINAN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FLYING SHOT DALAM PERMAINAN BOLA TANGAN : Penelitian Tindakan Kelas pada siswa kelas VIII SMP Negri 12 Bandung: Daftar Isi, Bab I, Bab II, Bab III, Bab IV, Bab V, Daftar Pustaka
  2. PENERAPAN PENDEKATAN TAKTIS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR CHEST PASS DAN BANK SHOT DALAM PERMAINAN BOLABASKET : Penelitian Tindakan Kelas di SMP Negeri 13 Bandung: Daftar Isi, Bab I, Bab II, Bab III, Bab IV, Bab V, Daftar Pustaka
  3. IMPLEMENTASI PENDEKATAN TAKTIS PADA PEMBELAJARAN AKTIVITAS PERMAINAN SEPAK BOLA DALAM UPAYA MENINGKATKAN NILAI KERJASAMA : Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas VII SMP YAS Bandung: Daftar Isi, Bab I, Bab II, Bab III, Bab IV, Bab V, Daftar Pustaka
  4. MENINGKATKAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK DALAM MEMBUAT KARYA SENI KRIYA KERAMIK MELALUI PENDEKATAN CTL : Penelitian Tindakan Kelas dalam Pembelajaran Seni Budaya di Kelas VII C SMP Negeri 3 Rajagaluh: Daftar Isi, Bab I, Bab II, Bab III, Bab IV, Bab V, Daftar Pustaka
  5. PENERAPAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA KONSEP FOTOSINTESIS : Penelitian Tindakan Kelas di SDN Kordon II Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung Tahun Ajaran 2011/2012: Daftar Isi, Bab I, Bab II, Bab III, Bab IV, Bab V, Daftar Pustaka

Sumber : http://penelitiantindakankelas.blogspot.com/p/ptk-smp.html

FOTO KEPALA SMP NEGERI 2 DANAU PANGGANG


AHADI ILHAMI, M.Pd

FOTO GALERI

FOTO JUARA GURU DAN KEPALA SEKOLAH BERPRESTASI TK.PROVINSI UTUSAN KAB.HSU
KEPALA SMPN 2 DANAU PANGANG K-3 DARI KIRI
GURU SMPN 2 DANAU PANGGANG M,ENGUPDATE STATUS UNTUK PEMBELAJARAN LEWAT FACEBOOK MENGGUNAKAN TABLET SAMSUNG GALAXY

BULETIN SPAM (SMP PAMINGGIR) BULETIN SEKOLAH SMPN 2 DANAU PANGGANG

SUSUNAN KEPENGURUSAN BULETIN SPAM PENANGGUNG JAWAB AHADI ILHAMI, M.Pd PEMIMPIN UMUM/REDAKSI AHADI ILHAMI,M.Pd WAKIL PEMIMPIN REDAKSI TAUFIQURRAHMAN, S.Ag DEWAN REDAKSI AH.GAPURI, S.Pd AKHMAD BAIHAQI,S.Pd TAJUDINNOOR, S.Pd SYABIRIN, S.Pd MAWARNI, S.Pd DIANA, S.Pd RAUDAH, S.Pd NORPAJRIANI,S.Pd M.ZAKIR, S.Pd SAMIDERI, S.Pd LAY OUT AKHMAD BAIHAQI,S.Pd PHOTOGRAPHER NOVARIA, MIFTAH , SYARIN, , HATMAH, Dkk WARTAWAN HAMSIAH, LEHA , FITRI DEVI, UDIN Dkk TIM EDITOR RAUDAH, S.Pd AHADI ILHAMI.M.Pd M.ZAKIR, M.Pd TAUFIQURRAHMAN, S.Ag DIANA,S.Pd MAWARNI,S.Pd SAMIDERI, S.Pd NORPAJRIANI, S.Pd SAMBUTAN KEPALA DINAS PENDIDIKAN KAB.HULU SUNGAI UTARA (Drs. Hery Priyanto, M.Pd) Kami ucapkan selamat kepada SMPN Paminggir ( SMPN 2 Danau Panggang) yang telah mampu menghasilkan sebuah prestasi yang cukup membanggakan yaitu berhasil menerbitkan sebuah buletin sekolah. Kami sangat mengapresiasi atas kerja dan usaha yang luar biasa sehingga edisi I buletin sekolah SPAM ( SMP Paminggir) terbit walau sekolah ini berada di wilayah terpencil dan minim fasilitas khususnya terkait IT. Kami berharap buletin SPAM akan terus terbit dan edisi-edisi mendatang akan lebih baik lagi, karena buletin bisa dijadikan ajang kreativitas menulis bagi guru dan siswa serta warga sekolah. Kami juga berharap terbitnya buletin SPAM (SMP Paminggir) ini menjdi inspirasi bagi sekolah lain untuk melakukan inovasi di bidang pendidikan. Congratulation to SMPN 2 Danau Panggang on your success to publish school bulletin. It’s really big achievement and pride. We really appreciate on hard working and effort done by all members of SMPN 2 Danau Panggang in publishing 1 st edition of school bulletin or SPAM although this school is lack of facilities especially ICT. Hopefully this bulletin will be better, published continously and last longer, and so wiil be the contents. I hope this bulletin will inspire other school to make big step or innovation in education. DAFTAR ISI BULETIN Profil Sekolah ....... Pendidikan Relegi Bimbingan Konseling Kesehatan Seni Budaya Cerita rakyat Puisi Pantun Lagu SAMBUTAN KEPALA SMPN 2 DANAU PANGGANG (Ahadi Ilhami, M.Pd) Puji syukur kehadirat Allah atas limpahan Taufik dan HidayahNya yang telah memberi kekuatan dan kesehatan sehingga warga SMPN 2 Danau Panggang dapat menghasilkan sebuah karya besar yaitu dapat menerbitkan buletin sekolah yang insyaAllah merupakan satu-satunya sekolah di kabupaten Hulu sungai Utara atau bahkan di kabupaten se banua enam. Pemberian nama Buletin sekolah SPAM (SMP Paminggir) terilhami dari istilah yang digunakan dalam istilah teknogi informatika (internet) yang berarti sampah atau sesuatu yang berbahaya. Kita menyadari bahwa kita adalah orang orang yang berada didaerah pinggiran yang mungkin bercitra negatif: tertinggal, tak mampu, tak berwawasan dan tak berteknologi.Tapi semua itu kita coba bantah bahwa kita adalah SPAM yang berbahaya. Kita akan mencoba terus menyebarkan virus-virus kreatif dan akan berbahaya apabila dibiarkan terus berkarya yang mungkin akan menghancurkan keberadaan sekolah yang sudah mapan melalui karya-karya warga sekolah kami. Kami pengin sekolah kami menjadi sekolah dibanggakan akan tetapi sulit dengan fasilitas yang kami miliki.kami pengin sekolah kami menjadi sekolah bertataraf internasional (SBI) tapi itu tak mungkin, biarlah kami merajut mimpi kami menjadi Sekolah Internasional Pinggiran (SIP) yang mudah-mudahan dengan terbitnya buletin ini adalah merupakan langkah awal untuk mewujudkan mimpi kami. Semoga terbitnya buletin SPAM ini aakan menjadi sebuah kebangggaan buat buat Dinas Pendidikan Kabupaten Hulu Sungai Utara dan pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara. Saya ucapkan Selamat kepada semua pihak yang terlibat dalam usaha menerbitkan buletin SPAM ini khususnya dewan guru dan siswa yang tergabung dalam Buletin SPAM. Tetap berkarya kita akan jaya. Wassalam. Thanks to God who give us his mercy and blessing to have us strong and healthy so we could make a big step to publish school Buletin which is maybe the only one school in our regency, Hulu Sungai Utara or even in South Kalimantan Province. This buletin name taken from the ICT”SPAM” means rubbish or harmful inspired that our school is in the remote or isolated area which has a bad image, left behind or no skill in ICT. We try to change the image and prove that we can spride our positive virus that is our innnovation and creativity in order the being school will see that we are coming and we will be in front. Let’s make our dream comes true to make isolated or remote school become internasional isolated area or sekolah internasional pinggiran (SIP) We hope this bulletin will be our pride especially for our school and Education Office and our government Hulu Sungai Utara regency. Congratulation to all stake holders of SMPN 2 Danau Panggang especially teachers and students who are the members of Buletin SPAM. Keep on moving and Going!!! Thank you. Principal PROFIL SEKOLAH SMPN 2 Danau Panggang atau SMPN Paminggir dibangun pada tahun 1991 dan mulai melakukan penerimaan siswa baru pada tahun 1992. SMPN 2 Danau Panggang terletak di desa Paminggir diantara diperbatasan 2 kabupaten pada provinsi yang berbeda yaitu berbatasan dengan Kabupaten Barito Kuala (kalsel) dan Barito Selatan (kalteng). Ke sekolah ini memerlukan perjuangan yang berat. Dari ibu kota kabupaten diperlukan 1 jam perjalanan menuju ke Danau Panggang menggunakan sepeda motor kemudian menggunakan perahu motor selama 3 jam untuk sampai ke Paminggir. Kita juga harus sabar apabila banyak eceng gondok memenuhi rawa dan menghalangi lajunya perahu motor. Kalau eceng gondok terlalu banyak maka penumpang harus bisa menahan haus dan lapar atau gigitan nyamuk karena perahu motor tidak bisa kemana-mana dan harus berdiam di tengah-tengah hamparan eceng gondok. Hampir seluruh guru yang ada di SMPN 2 Danau Panggang berasal dari luar Paminggir dan mereka harus menginap sejak hari Minggu sampai Sabtu karena sulitnya transportasi. Awalnya sekolah ini dibangun siswanya hanya terdiri dari 10 orang siswa saja dan sekarang sudah cukup banyak sekitar 155 siswa. Sekolah ini memiliki 11 orang tenaga guru yang berkualifikasi S1 dan 1 orang kepala sekolah yang berkualifikasi S2 serta 1 orang penjaga sekolah dan 2 orang pegawai Tata Usaha yang merupakan pegawai tidak tetapy. Seolah ini memiliki facilitas yang kurang memadai, seperti kurang bagusnya lapangan/halaman sekolah, wc yang rusak dan kurang, tidak adanya lab.bahasa mapun lab.komputer. Walaupun serba kekurangan sekolah ini memiliki moto Sekolah Internasional Pinggiran(SIP). School Profile This is my beloved school,SMPN 2 Danau Panggang or SMP Paminggir was built in 1991 and begun to run the teaching and learning process in 1992 is located in the border of two regencies in different provinces, barito kuala regency (south Kalimantan) and Barito selatan Regency (Central Kalimantan) exactly in Paminggir Village.Going to my school needs hard effort. From the capital city of HSU Regency, Amuntai need about 1 hour to the harbour(30 km) by motorcycle and about 3 or more than 7 hours going by klotok or small motorboat. We have to be patient if there is alot of eceng gondok around. Sometime we have to struggle to kill our thirsty and hunger if the motorboat stucks or cannot go anywhere. Sometimes we have to stay all night or sleep on the motor boat accompanied by thousand moosquitoes....but it is a big struggle to educate young generaations, is it right? Most the teachers there have to stay all weeks there and leave their family and only come home one or two days. This school was built 1n 1991, originally only 10 up to 20 students and now about 155 students. We have 11 teachers and 1 principal. All teachers have s1 qualification and the principal has got s2 or post graduate program 2009,educational management program. We have 3 administration staff and 1 janitor. They SMA graduation now having study to S1 program.The school has six classess, big school with alot of students in remote area.unfortunately the school has no enough facilities; we don't have languange laboratory, computer lab, or multimedia lab. We also have no area or fields for students to play or to do sport, we have only broken floor (lantai ulin) which is very dangerous if students play on it. WC or toilet also not enough for all the male and female students. Actually our school has motto " Sekolah Internasional Pinggiran" or SIP not SSN not SBI. PROFIL GURU BERDEDIKASI (TAUFIQURRAHMAN, S.Ag) Guru yang lahir tanggal 13 Januari 1972 ini memiliki dedikasi dan komitmen yang tinggi walau berada di sekolah terpencil yang jauh dari tempat tinggal. Seusai lulus dari perguruan tinggi atau IAIN Banjarmasin tahun 1996 beliau mengabdikan diri sebagai tenaga pengajar di MTs Kambang Kuning Amuntai Tengah. Saat pemerintah membuka pendaftaran untuk guru bantu Dinas Pendidikan tahun 2003 beliau mendaftar dan dinyatakan lulus seterusnya di tempatkan di SMPN 2 Danau Panggang yang merupakan SMP didaerah terpencil yang sulit dijangkau transportasi. Pada tahun 2007 beliau resmi diangkat sebagai PNS di Dinas Pendidikan. Diawal tugas beliau sebagai guru bantu beliau meninggalkan istri dan anak beliau di Amuntai. Setelah beberapa bulan bertugas di sana beliau memboyong anak dan istri beliau untuk tinggal di perumahan guru di komplek sekolah. Tak terasa sudah 10 tahun beliau mengabdi di SMPN2 Danau Panggang. Selain sebagai guru Agama/PAI beliau juga menggeluti bidang olahraga catur. Banyak prestasi yang diperoleh di bidang catur, seperti juara di tingkat kecamatan, mewakili tim catur kabupaten dalam PORSENI Guru Tingkat Provinsi. Selain sebagai pengajar seni baca Al Qur an itu beliau juga sebagai pelatih paduan suara khususnya untuk perayaan-perayaan seperti pada hari kemerdekaan 17 Agustus. The teacher who was born on January 13th 1972 has dedicated his life in eduucation. Since graduated from University, IAIN, 1996, he taught at Islamic Junior High School (MTs) in Pasar senin Amuntai Tengah. When Education Department gave chance for non PNS teacher or substitute teachers (guru bantu) in 2003, he applied and he passed and accepted. He was sent to remote and isolated Area exactly at SMPN 2 Danau Panggang. In 2007 he became a civil servant. Firstly he went to SMPN 2 Danau Panggang he left his wife and daughter in Amuntai, but after he thought it’s the right time he brought them with him to Paminggir. It is 10 years he has been in SMPN Danau Panggang. Beside as Relegion Teacher he is also as trainner for reading al Qur an and vocal group for independence day ceremony.Quite many achievement he got such as be winnner at Chess tournament or be the repsentative of HSU in Sport and Art Festival for Teacher Association. PENDIDIKAN ENGLISH Konsep Dalam bahasa Inggris ada 2 macam/ kategori kalimat yaitu: Bila ada kata kerja maka kalimat tersebut di sebut kalimat verbal Bila tidak ada kerja maka kalimat tersebut di sebut kalimat nominal 1. Ada kata kerja A.waktu a.kebiasaan kata kerja 1 misal: I go to campus. He goes to campus every day b.lampau kata kerja 2 misal I went to campus yesterday c. akan datang /rencana will +kata kerja 1 misal I will go to campus tomorrow d. lampau tapi ada kaitan dengan sekarang have/has +kata kerja 3 misaI I have gone to campus in British campus (Bisa menceritakan tentang kampus di Inggris) 2. tidak ada kata kerja hanya ada kata benda ,kata sifat ,ata kata keterangan disebut kalimat nominal untuk ini perlu bantuan tobe (is,am,are) untuk kebiasaan/inisekarang .misal I am student .I am happy . I am at home. Lampau: I was happy yesterday They were happy yesterday . She was in Rantau last week . I will be in Rantau tomorrow. untuk present perfect tobe nya been misal I have been a lecturer of poliban bjm for 10 years . she has been sick since yesterday . I have been here since two hours ago. SIMPULAN tidak ada Ada kata kerja gunakan tobe Functional Text Notice kata2 yg harus diingat:1.allowed atau permitted=diijinkan/dibolehkan 2.not allowed/not permitted =forbidden tdk diijinkan.bila ada soal yang ada tulisan no/not mk pilihan jawaban ada no.2 not allowed/not permitted atau forbidden. Caution(peringatan) ciri2 ada don't atau no/be careful,watchout, berarti kita bisa/boleh atau dminta berhati2. No smoking=berarti not allowed/forbidden to smoke. No entry=not permitted to enter. pendalaman materi: NOTICE (pemberitahuan) contoh: 1. Turn of the lamp before you leave the room. ada kata kunci lamp/lampu. jadi kalau di balik kalimatnya gunakan kata "after"=setelah. Menjadi leave the room after turn of the lamp. before= sebelum. 2. For pedestrian only. pedestrian= pejalan kaki. bila ada kata only yang artinya="hanya" berarti tidak boleh untuk pengguna yang lain. 3.sign (tanda/marka) bila ada ada tanda lalu lintas atau apa saja yang di silang berarti artinya tidak boleh (no) /dilarang.not allowed atau not permitted atau forbidden. B. CAUTION Peringatan : contoh : 1 Dont touch the wirw it may cause electric shock. berarti kata kuncinya adalah not allowed atau not permitted atau forbidden. 2. Don't pick the flower= not permitted to pick C. WARNING=peringatan keras contoh: 1. Don't gett too close to the cage! Wild animals!= jangan terlalu dekat(close) D. GREETING CARD=kartu ucapan ucapan selamat atau ucapan berduka cita ciri-ciri ada kata congratulation/ congrats E. Letter struktur surat : 1 tempat tinggal penulis 2 tanggal surat 3 alamat tujuan surat 4. salam pembuka untuk orang yang dituju. 5 isi surat 6. salam penutup 7. penulis surat/pengirim surat. strategi . bila pertanyaan who sent the letter berarti penulis yang namanya yang ada di bawah. tapi kalau pertanyaan to whom the letter for? ada kata to atau for berarti nama yang dikirimi. Selamat belajar. F. Announcement:(pengumuman)ciri2 ada kata announcement dan tujuan pada siapa pengumuman itu ditujukan yaitu ada kata "to" misal to all students atau to all teachers dst.di bawah ada ucapan thank you dari pemberi penguman.Tujuan untuk to announce ... G.Advertisement(iklan) yg diiklankan bisa produk (obat, kosmetik) barang (tv,hp,laptop) rumah,mebeldsb.iklan menyampai kan keunggulan barang dan produk atau to advertise the product.bila ada pertanyaan what is the purpose of the text?(apa maksud teks tsb) cari kata yg ada kaitan misal to advertise atau advertising..sama dgn announcement H. Invitation Tujuannya to invite jadi cari jawaban pilihan yg ada kata invite dan come misal untuk kelulusan,pertemuan,perpisahan dsb. I . Schedule (jadwal) supaya kita bisa memahami lihat jam yg tertera maupun harinya.jadi kalau dalam pertanyaan ada kata jam &hari maka fokuskan hanya pada kata tsb..ingat juga ada kata pm(siang sd malam dan am pagi Genre (Jenis Text) A.Descriptive 1.person I have a new friend. I knew her from facebook.Her name is Ariyanti. She is 13 years old. She is a student of SMPN X Jakarta. She is very beautiful. She has white skin and slim body. She is very kindly. 2.Animal I have a pet. It's a cute cat. His name is Bobby. He is very unique cat. The colour of his body is white with black dots. He can jump on more than 1.5 metres high. He also eat rice and salty fish. Everytime I come home he always welcome me cheerfully. 3.Things (benda mati) My father bought me a new bag as a present because it's my birthday. It is a bag. The colour is blue. I like blue because my favourite football club is chelsea, a football club from English Primiere League. I am so happy to get that present. B. Procedure Generik struktur 1.aim/goal(tujuan)to make,to do,to operate 2.material/bahan 3.steps/langkah langkah. Perhatikan penanda yg digunakan urutan kronologi1.2.3 dst atau first,second finally atau at last(akhirnya) dan penanda next/kemudian, then/ berikutnya.Jangan lupa kata lain "before"sebelum dan "after"setelah misal before i make coffe i boil the water then preparing cup. Religi Manfaat puasa Unsur – unsur rohaniah manusia terdiri atas nafsu muthmainnah (nafsu yang tenang/ roho Illahiah) dan nafsu ammarah (kesetanan). Nafsu muthmainnah selalu berupaya menaati perintah Allah dan selalu mendekatkan diri kepadaNya. Nafsu Lawwamah bersifat seperti binatang, menghendaki harta yang banyak, makan-minum yang lezat, seks yang membara dan nafsu kebinatangan yang tidak peduli apakah halal atau haram. Sedangkan nafsu ammarah bersifat seperti setan, menghendaki kedudukan yang tinggi, pujian serta kekuasaan yang tak terbatas (otoriter) dengan cara menghalalkan tujuan, munafik, bohong, keji, munkar serta nafsu amarah lainnya. Puasa yang berarti menahan adalah bagaimana meningkatkan fungsi nafsu muthmainnah menjadi penahan atau pengendali nafsu lawwanah dan nafsu ammarah agar bias diarahkan kepada fungsi, sasaran dan tujuan positif sesuai petunjukNya. Imam Al-Ghazali mengibaratkan nafsu lawwanah ini sebagai kuda binal yang hebat bila bias dikendalikan oleh penunggangnya (nafsu muthmainnah). Dalam era sekarang, nafsu lawwanah dan ammarah ini dapat diibaratkan sebagai bahan bakar, bila bensin tidak dapat dijaga /dikendalikan maka ia akan terbakar yang akan mengakibatkan kerugian besar. Para ahli hikam/orang-orang bijak menyatakan bahwa apabila kita mau berbuat sesuatu, maka pakailah 3H secara berurutan mulai dari heart (hati/kalbu/nafsu muthmainnah) sebagai pengendali/ pengarah kemudian diproses/dipikirkan dalam head (kepala/otak) dan baru dilaksanakan dengan hand (tangan/anggota badan/panca indera) Dengan berpuasa yang berarti mengingat/dzikir kepada Allah akan meningkatkan nafsu muthmainnah. Dari hasil penelitian para ahli, manfaat puasa bagi unsure-unsur rohaniah adalah : 1. Membiasakan kesabaran, menguatkan kemauan, menguasai diri dan membentuk ketaqwaan. 2. Mengosongkan hati hanya untuk berpikir dan berdzikir (dengan perut kosong hati akan bercahaya). 3. Mengendalikan nafsu lawwanah dan nafsu ammarah agar selalu berpedoman kepada cara yang halal untuk tujuan halal. 4. Membiasakan disiplin, cinta keadilan dan persamaan, akan mendorong berbuat kebajikan (orang kaya mengasihani orang miskin dan orang miskin berguna bagi orang kaya). Sedangkan manfaat puasa bagi unsur jasmaniah adalah : 1. Membersihkan usus, karena adanya pergantian waktu makan dan minum dan adanya waktu istirahat. 2. Memperbaiki pencernaan dengan adanya makan dan minum teratur. Disamping itu makan sahur tepat waktu dimulainya kegiatan mencerna di perut besar. 3. Membersihkan organ-organ tubuh dari sisa endapan makanan (saluran darah, ginjal dan lain-lain) 4. Mempersempit aliran darah ke alat vital akan mengendalikan nafsu syahwat, yang berarti membentengi aliran setan masuk melalui aliran darah untuk mencegah perkataan dan perbuatan maksiat. 5. Orang kaya merasa lapar, haus dan penderitaan orang miskin yang akan memotivasi mereka untuk bersyukur kepada Allah dengan menunaikan zakat, infaq dan shadaqah guna disalurkan kepada yang berhak. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan, bahwa puasa akan memelihara dan meningkatkan kesehatan rohani dan jasmani, sesuai hadits Rasulullah SAW “Berpuasalah, anda akan sehat”. Manfaat puasa tidak hanya dinikmati di dunia, tetapi yang lebih penting adalah puasa untuk Allah dan Allahlah yang akan menilai dan memberikan ganjarannya. Manfaat puasa, baik di dunia maupun diakherat kelak tidak terlepas dari manfaat shalat, zakat dan haji serta berbuat baik kepada sesame dan alam lingkungan yang saling memperkuat satu sama lainnya. BK Tips sukses belajar A. 10 Butir Pokok Sukses Belajar 1. Biasakan mengawali dan mengakhiri suatu kegiatan (dalam hal ini belajar) dengan “berdoa”. 2. Belajar merupakan perubahan tingkah laku dari “belum” menjadi “dapat” untuk meningkatkan pribadi secara positif. 3. Landasan utama dalam mencapai keberhasilan belajar adalah kesiapan mental yang meliputi keterikatan tujuan, minat dan kepercayaan pada diri sendiri, disamping keuletan. 4. Belajar memerlukan motivasi baik dari dalam maupundari luar diri kita. 5. Belajar yang baik harus dapat memusatkan perhatian pada hal yang sedang dipelajari. 6. Perlu dihindari hal-hal yang menghambat belajar, misalnya perasaan takut, malu, benci, marah dan bermalas-malasan. 7. Waktu belajar di sekolah sangat terbatas, karenanya biasakan untuk mengulangi kembali dirumah. Supaya bias berkonsentrasi hendaknya diciptakan kondisi rumah yang nyaman untuk belajar. 8. Disamping belajar sendiri, belajar kelompok sangat dianjurkan karena banyak sekali manfaatnya dapat saling tukar menukar pengalaman, menyelesaikan tugas bersama dan berlatih musyawarah. 9. Membaca buku pelajaran memerlukan konsentrasi. Untuk memudahkan garis bawahi atau beri tanda. Padahal penting agar memudahkan menangkap isi bacaan. 10. Pemanfaatan waktu harus diperhatikan dengan seksama. Buatlah jadwal untuk memberikan pedoman kegiatan serta menghindari waktu luang yang tidak bermanfaat. B. Kewajiban- kewajiban Pelajar 1. Di lingkungan Rumah a. Hormat dan patuh segala nasehat orang tua. b. Bersikap terus terang dan jujur terhadap orang tua c. Milikilah cita-cita, tekad dan pendirian yang teguh. d. Percaya dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa e. Gunakan waktu dengan tepat dan bermanfaat f. Susun jadual pekerjaan dan tugas sehari-hari g. Biasakan bangun pagi, lakukan latihan olahraga ringan sambil menghirup udara segar. h. Kerjakan tugas sebaik-baiknya yang diberikan oleh orang tua /guru setelah pulang sekolah. i. Biasakan mengulang pelajaran kembali pada malam hari walau tidak ulangan besok. 2. Di lingkungan Sekolah a. Gunakan setiap kesempatan untuk belajar b. Menunaikan tugas tertentu yang dipercayakan kepadamu c. Tanamkan pada dirimu rasa tanggung jawab akan penyelesaian tugas pelajaran d. Biasakan bekerja apapun yang bermanfaat e. Hormat dan patuhi serta hargailah para gurumu f. Taatilah segala perintah dan larangan agama g. Patuhilah tata tertib di sekolah h. Ikutilah kegiatan yang bermanfaat seperti, Pramuka, PMR, OSIS, dll 3. Di lingkungan Masyarakat a. Biasakan saling menghormati, sopan santun dan berbudi luhur b. Binalah rasa sosial yang mendalam dan sikap suka menolong sesama warga masyarakat. c. Hayati sebaik-baiknya jiwa pancasiladalam pergaulan hidup bermasyarakat d. Didiklah dirimu untuk tidak selalu menjadi beban yang selalu menyulitkan oarng tua. e. Berikan partisipasi dalam pengabdian pembanguanan sesuai dengan kamampuan secara gotong royong. (Had) KESEHATAN A.Jeruk Nipis Bukan Musuh lambung Jangan makanan asam di waktu pagi." Peraturan tidak tertulis tersebut tampaknya sudah menjadi semacam dogma bagi sebagian masyarakat". Karena itu sejak Food Combining diperkenalkan, sampai sekarang masih banyak orang yang terkaget-kaget mendengar anjuran Andang Gunawan, ahli terapi nutrisi, untuk mengkonsumsi air yang dibubuhi perasan jeruk nipis beberapa saat sebelum sarapan.... Menghindari makanan asam, terutama di waktu pagi, secara nalar memang bisa diterima. Cuka dapur yang biasa dicampurkan pada kuah pempek Palembang misalnya, jika dikonsumsi sewaktu perut kosong memang bisa mengiritasi lambung. Tapi rasa asam jeruk nipis (dan juga jeruk lemon), menurut Andang, ternyata tidak ada hubungannya dengan sifatnya. Setelah dicerna, asam yang terkandung dalam jeruk nipis dan jeruk lemon justru akan meninggalkan elemen-elemen pembentuk basa sehingga menetralkan pH tubuh. Hampir senada, menurut Dr. Amarullah H. Siregar, DIHom, DNMed, MSc, PhD, kandungan asam sitrat dalam jeruk nipis atau jeruk lemon justru mengikat asam lambung, sehingga keadaan lambung menjadi netral. Cukup masuk akal untuk dikonsumsi di pagi hari bukan? Lalu mengapa para ahli pengobatan tradisional menjulukinya sebagai "buah beribu manfaat"?. Mengapa jeruk nipis menjadi begitu berharga tentu tidak lepas dari manfaatnya. Walaupun ukurannya kecil, jeruk nipis memiliki semua kandungan nutrisi yang dimiliki jeruk seperti vitamin C, senyawa limonin glukosit, limonin, dan hesperidin. Memiliki efek ekspektoran (mengencer lendir), antiseptik, antioksidan, antitoksik (mengeluar racun), diuretik (peluruh kencing), astringen (menciutkan), antiradang. Tapi melebihi jeruk manis, kandungan minyak atsiri jeruk nipis (limonin) jauh lebih tinggi. Limonin yang banyak terkandung pada kulit jeruk merupakan senyawa yang berfungsi mencegah perubabahan sel menjadi kanker, meningkatkan aktivitas protein penghambat estradiol (hormon yang berkaitan dengan terjadinya kanker payudara), serta memperbanyak enzim dalam liver yang bertugas membuang bahan kimia penyebab kanker. Selain kandungan limolinnya yang tinggi, kulit jeruk mengandung vitamin P, flavonoid, koumarin, triperten, vitamin C, karoten, dan pektin. Vitamin C dan karoten selain sebagai antioksidan juga berkhasiat meningkatkan kekebalan tubuh, zat aktif flavonoidnya juga berkhasiat antiradang, antibakteri (antara lain menghambat pertumbuhan Staphylococcus aureus dan E. coil), juga anti jamur. Jeruk nipis yang tergolong jenis jeruk asam (sour orange) ternyata mempunyai banyak kerabat yang hampir sama manfaatnya. Beberapa di antaranya sama-sama bisa dijadikan penyedap dan pengharum masakan tertentu, dan beberapa jenis mempunyai minyak esensial yang serupa khasiatnya. Seperti jeruk lemon (Citrus limon), walau rasanya lebih manis dan baunya lebih lembut, cara pemakaian jeruk lemon dan jeruk nipis biasanya hampir sama misalnya, jeruk lemon dan jeruk nipis sama-sama biasa dibubuhkan pada sajian teh hangat. Bahkan dalam masakan seringkali jeruk lemon dipakai menggantikan jeruk nipis sama - sama bersifat menenangkan lambung, mengencerkan kudisan. Sweet lime (Citrus Limetta), jeruk yang bentuknya mirip lemon yang berwarna kehijauan ini rasanya lebih manis dari jeruk nipis tapi memiliki keharuman yang berbeda. Para ahli memperkirakan jeruk ini merupakan bentuk mutasi dari jeruk lemon. Dengan demikian di dapur, reputasi jeruk nipis hampir mendekati garam. Tapi gengsinya di dunia pengobatan lebih menarik. Tidak saja di Tanah Air yang merupakan daerah asalnya, tapi juga di Tiongkok, Arab dan Amerika. Karena itulah sampai kini khasiat jeruk nipis terus diteliti. B.Potensi Pisang Buah pisang dengan mudah dapat dicerna, gula yang terdapat di buah tersebut diubah menjadi sumber tenaga yang bagus secara cepat, dan itu bagus dalam pembentukan tubuh, untuk kerja otot, dan sangat bagus untuk menghilangkan rasa lelah BUAH pisang merupakan salah satu buah-buahan yang banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia. Secara umum, kandungan gizi yang terdapat dalam setiap buah pisang matang adalah sebagai berikut: kalori 99 kalori, protein 1,2 gram, lemak 0,2 gram, karbohidrat 25,8 miligram (mg), serat 0,7 gram, kalsium 8 mg, fosfor 28 mg, besi 0,5 mg, vitamin A 44 RE, Vitamin B 0,08 mg, Vitamin C 3 mg dan air 72 gram. Data terakhir dari Departemen Amerika Serikat (2000), menunjukkan bahwa kandungan buah pisang sangat banyak yang terdiri dari mineral, vitamin, karbohidrat, serat, protein, lemak, dan lain-lain (Tabel), sehingga apabila orang hanya mengonsumsi buah pisang saja, sudah tercukupi secara minimal gizinya. Sumber kekuatan tenaga Buah pisang dengan mudah dapat dicerna, gula yang terdapat di buah tersebut diubah menjadi sumber tenaga yang bagus secara cepat, dan itu bagus dalam pembentukan tubuh, untuk kerja otot, dan sangat bagus untuk menghilangkan rasa lelah. Remaja dan orang dewasa dapat membuat banana milk shake di rumah dengan menambah kacang, kurma, madu, susu, telor dan gula, serta pala halus, itu akan menjadi minuman yang dapat memberikan vitalitas. Pisang juga disarankan untuk dikonsumsi para wanita hamil karena mengandung asam folat, yang mudah diserap janin melalui rahim. Namun, jangan terlalu berlebihan, sebab satu buah pisang mengandung sekitar 85-100 kalori. Dalam mengonsumi pisang, sebaiknya dipilih yang sudah matang, yang kulitnya hijau kekuning-kuningan dengan bercak coklat atau kuning, sebab ini akan mudah dicerna, dan gula buah diubah menjadi glukosa alami secara cepat diabsorbsi ke dalam peredaran darah, pisang yang mentah akan sulit dicerna. Sebagai obat di rumah tanpa perlu pengawasan Dua buah pisang yang dimakan oleh pasien anemia setiap hari sudah cukup, karena mengandung Fe (zat besi) tinggi. Pisang yang dicampur susu cair (atau dimasukkan dalam segelas susu cair) dapat dihidangkan sebagai obat dalam kasus penyakit usus. Juga dapat direkomendasikan untuk pasien sakit perut dan cholik untuk menetralkan keasaman lambung. Sebuah pisang dihidangkan sebagai pertahanan terhadap inflamasi karena Vitamin C dapat secara cepat diproses. Ia mentransformasikan bacillus berbahaya menjadi bacillus yang bersahabat. Dengan demikian, keduanya akan tertolong. Pure pisang ataupun krim pisang (seperti untuk makanan bayi), dapat dikonsumsi oleh pasien yang menderita diare. Penderita penyakit lever bagus mengonsumsi pisang dua buah ditambah satu sendok madu, akan menambah nafsu makan dan membuat kuat. Daun pisang dapat digunakan untuk pengobatan kulit yang terbakar dengan cara dioles, campuran abu daun pisang ditambah minyak kelapa mempunyai pengaruh mendinginkan kulit. Pada masyarakat Gorontalo (Sulawesi Utara), jenis pisang goroho yakni pisang khas daerah setempat, merupakan makanan tambahan/pokok bagi orang yang menderita penyakit gula/diabetes melitus, terutama buah pisang goroho yang belum matang, kemudian dikukus dan dicampur kelapa parut muda. Disebutkan pula, bahwa jenis pisang klutuk dan pisang kepok mempunyai khasiat sebagai obat pendarahan usus, amandel, disentri, pertumbuhan rambut, dan juga untuk berkumur. Umbi batang yang masih muda dapat untuk sayur. Di beberapa media masa saat ini menyebutkan, di Dusun Dungkep, Kepulauan Nusa Penida, Bali penduduknya kekurangan pangan, sehingga penduduk di sana memakan umbi pisang parut yang ditambah singkong untuk menggantikan nasi/jagung. Bubur pisang dicampur dengan sedikit susu dan madu, dioleskan pada wajah setiap hari secara teratur selama 30-40 menit. Basuh dengan air hangat kemudian bilas dengan air dingin atau es, diulang selama 15 hari, akan menghasilkan pengaruh yang menakjubkan pada kulit. Bedak “Badam” (bedak dari India), juga dapat dicampurkan sekali-sekali. Susu dan madu atau krim susu dan madu dapat dicampur , namun hanya disarankan untuk kulit kering dan yang mengalami penuaan. Pasien yang menderita eksim dan jerawat dapat diobati dengan kulit pisang dan jeruk nipis. Sebaiknya kecantikan dan kesehatan diobati secara alami, sehingga akan mendapatkan hasil yang memuaskan. Pisang juga mempunyai peranan dalam penurunan berat badan seperti juga untuk menaikkan berat badan. Telah terbukti seseorang kehilangan berat badan dengan berdiet 4 (empat) buah pisang dan 4 (empat) gelas susu non fat atau susu cair per hari sedikitnya 3 hari dalam seminggu, jumlah kalori hanya 1250 dan menu tersebut cukup menyehatkan. Selain itu, diet tersebut membuat kulit wajah tidak berminyak dan bersih. Pada sisi yang lain, mengonsumsi satu gelas banana milk-shake dicampur madu, buah-buahan, kacang, dan mangga sesudah makan, akan menaikkan berat badan. Dalam Medicinal Uses of Bananas (www.banana.com, 2002) menyebutkan, bahwa pisang mempunyai manfaat dalam penyembuhan anemia, menurunkan tekanan darah, tenaga untuk berpikir, kaya serat untuk membantu diet, kulit pisang dapat digunakan sebagai cream anti nyamuk, membantu sistem syaraf, dapat membantu perokok untuk menghilangkan pengaruh nikotin, stres, mencegah stroke, mengontrol temperatur badan terutama bagi ibu hamil, menetralkan keasaman lambung, dan sebagainya. Tanaman pisang secara genetis dapat menghasilkan vaksin yang murah dan sebagai alternatif untuk pertahanan anak dari angan penyakit. Para peneliti sedang mencoba dari pisang untuk memproduksi antigen untuk coating Virus Hepatitis B. Apabila vaksin Hepatitis B tersebut berhasil akan menjadi sangat murah. Peneliti lain mengembangkan pisang yang dapat membantu dalam melawan penyakit campak/cacar air, penyakit kuning, polio, dan dipteri. Saat ini , peneliti telah mencoba pada relawan, di mana diperlihatkan 10 persen tekanan darah turun dengan mengonsumsi dua buah pisang setiap hari. WAWANCARA EXCLUSIVE DENGAN Dokter BOBBY (Dokter Puskesmas Paminggir) dengan Tim Buletin SPAM BS :Boleh kami tahu nama lengkap dokter? Dokter :Bobby Tanjung Rolando BS :Sudah berapa lama Bapak di sini? Dokter :1 tahun 10 bulan BS : bagaimana pendapat bapak tentang kebersihan desa Paminggir? Dokter : Masih kurang bersih. BS :Bagaimana pendapat Bapak tentang mencegah supaya Narkoba jangan sampai Masuk ke dunia remaja khususnya para pelajar di Paminggir ini? Dokter : Kalau masalah itu mungkin dilihat dari ke pribadi masing-masing, kuat tidaknya, lingkungan mendukung atau tidak untuk pengedaran narkoba, dan peran orang tua dan masyarakat sangat mendukung agar masyarakat Paminggir bebas narkoba. BS :Baik pa dokter Bobby terima kasih atas Wawancaranya.Assalamualaikuk Dokter : wa alaikum salam. SENI BUDAYA CERITA RAKYAT MUSANG HIRANG LAWAN HAYAM PUTIH Oleh Tia Dikisahkan di hujung kampong ada saikung musang ganal babalang hirang, jahat ha pulang. Inya rancak banar maasur atawa mangganggu inguan atawa gaduhan urang kampong. Hayam urang dimakannya, itik ditaguknya, burung disambarnya, nini urang ditakutaninya. Urang-urang dikampung sudah sarik banar lawan musang latat nang ngintu imbah pang gaduhan urang banyak nang hilang, musang nang saikung itu pinanya liar banar, ngaaalih baanaaar dicariii. Takisah pulang dikampung nitu ada saparindukan hayam putih nang baisi pitung ikung anak (tujuh). Nang anaknya itu babalang putih samunyaan tatinggal matanya ha nang hirang. Rupanya anak hayam nang putih itu tamasuk hayam pintar samunyaan , inya sakulah SMP pang. Buhannya bapikir handak malawan musang latat nang jahat nitu. Han wani kao inya! Siang ngitu musang hirang latat nang mambari muar mulai balilihat masuk kampung kaluar kampung nang kaya hansip. Ditangah jalan inya tatamu lawan bubuhan hayam putih nang sakulah SMP tadi. Bah … titikan liur musang malihat hayam putih nang pina mangkorong awaknya, putih banar awaknya. Taganya hari siang pang, balum wani ai inya manangkap. Iya kalo, wani dikadap haja, samantang-mantang awak kadap jua. Kaluai urang kampong datangan. Bagamat musang hirang baparak lawan hayam putih. Tapi hayam ngintu kada takutan saikit-ikit. Mata musang nang manciling ngitu dicilinginya jua. Pina handak malawan. “Jagaunya hayam nih, kada tahu kalo lawan sihirang latat” ujar musang dalam hati, sambil takajut malihat mata bubuhan hayam tadi makin manciling. “Mangkaji ilmu napa buhannya nih, lawan siapa yu buhannya mangkaji ilmu” ujar musang sambil baundur. Kamudian inya managur. “O yam ikam dangsanakku. Aku malam kaina handak bailang ka rumah ikam, bulih haja kalu ?’ “Ayu ha, asal ikam bailing baik-baik haja” ujara hayam manhayuti. Hayam sudah paham kahandak si musang jahat tadi. Hari sudah sanja, diadakanlah sidang pleno buhan hayam mamandirakan kayapa cara manipu musang hirang nang jahat nitu supaya mati. Bujur jua imbah hari malam musang hirang itu datang jua bailing. Para hayam putih sakti sudah siap manarima kadatangan si musang. “Oi hayam, aku daaataaaang bailang”, ujar musang pina lamah ha suaranya, nang kaya domba babulu musang, tabalik lih. “Masuk tung ka dalam” Ujar hayam. Musang pina himung dikira sisambat bauntung, padahal sihirang lutung. Mata musang balilihat kasitu kamari nang kaya urang handak marunda ha. Matanya makin banyarak pada siang. Mulailah musang maulur pandir lawan buhan hayam, baanyaaak nang dipandirakan supaya musang mangantuk, tapi liur musang tatap balilihan malihat hayam nang lamak mungkal. “Anakku barataan, ikam guringan haja sudah” Ujar uma hayam. “Dimana anakmu guringan?” Ujar musang batakun. “Anakku guringan di bawah, aku di atas” ujar umanya hayam. Matan siang tadi buhan hayam putih mangumpulakkan batu nang landap-landap, lalu diandaknya di bawah kaguringan anaknya. Batu-batu ngitu dikapurnya, pas banar kaya anak hayam ngitu lihat guringan. Nang sabujurannya hayam putih ngitu guring bapindah ka atas puhun jambu, tinggi diatas hayam putih ngitu pahabisannya ngantuk jua. Inya bapadah lawan musang nang jadi tamunya ngitu handak guring. “Aku handak guring ka atas, jadi dangsanak guring di sini haja”, ujar hayam putih. Lalu inya naik ka atas. Di situ sudah manunggu anaknya nang pitung ikung itu. Hayam putih malukupi samunyaan anaknya. Malihat Kaadaan itu musang hirang bingung jua, kaya apa manangkap hayam putih lawan anaknya. Liurnya balilihan banaaar, kukunya sudah baurak, siap handak mangacak anak hayam. Musang lalu malihati ka bawah wadah anak hayam putih nang guringan. Bagamat musng baparak hayam sambil manggarakkan buntutnya, lalu… “ Duk !!!” musang maluncat mahantam anak hayam, tagal nang dijambanya batu nang landap. Pacah kapala musang tahantam batu tadi, badarahan mumui kapalanya, jarnya...... “Aku mati hulu laaaahh” Ujar musang@ HINTALU KAMBING DISANGKA UBAT Takisah urang bahari nang bangaran Utuh Alan. Inya ngitu urangnya kada tapi pintar alias kurang sauns. Si utuh Alan tulak ka pasar handak bararaunan. Sampai di pasar Utuh balilihat jujualan urang, Pas Utuh malihat urang bajualan ubat nang kaya hintalu kambing. Imbah itu Utuh batakaun, “Barapa sauting ubat ngini ?” ujar utuh batakun. “Tiga ribu”, ujar nang bajual. “Umaaii larangnya”, ujar Utuh. “Kada tahukah ikam, ngini ubat gasan mangimpisakan parut buris, garuda alias ganal parut pada dada” ujar nang bajualan tadi. “Iya Kahh” ujar Utuh sambil bajauh maninggalakan. Lalu ditangah jalan paharatan inya bulik Utuh malihat sasuatu bahamburan nang kaya ubat tadi. Lalu dipilihinya, “Bahhh dapat razaki aku hari ini, pasti ampun nang bajualan ubat tadi taguguran” ujar Utuh dalam hati sambil maambili. Lalu inya bulik ka rumah. Sampai di rumah inya mahitungi ubat tadi. “Satu, dua, talu sampai lima puluh uting, mun lima puluh uting bararatus ribu harganya amun aku jual ka pasar” ujar Utuh dalam hati. Baisukan hari Utuh tulak ka pasar mambawa ubat tadi nang sudah dibungkusinya panyu alias palastik. Sampai di pasar Utuh bakuciak. Ubat murah, ubat murahhh, dua ribuuu ! sabigi kawa mangurusakan awak atawa mangimpisi parut lamak, parcaya ha lawan aku, suiir deh. Lalu ada kakanak baucap, “Amun handak kurus nyaman banar ubatnya, suba saharianan kada makan lawan minum pasti sakalian ampih lamak”. Mandangar ucapan kakanak tadi Utuh sarik bangat, lalu baucap. “Dabuk ! Buk ! Buk !” Katipauan urang manimpilingi Utuh Alan. Lalu Utuh batakun “Napa garang salahku ?”ujar utuh. “Dasar pandustaan, hintalu kambing dipadahakan ubat”ujar urang banyak. “Jaaah … Hintalu kambing liih?” ujar Utuh sambil manangis, awaknya babincul-bincul, biru kuning, habang nang kaya pelangi kana tampar, kana tampiling plus kana sudur.@ CINTA DITULAK DUKUN DITINJAK Disabuah kampung ada saurang lalakian nang bangaran Anang Pacul. Inya manghandaki bibinian nang bangaran Diang kijil.Diang kijil ngintu anak kapala Disa atawa kapala Kampung Timbul. Jadi inya, Anang wan Diang sakampung. Si Diang ini tamasuk anak urang tahurmat diibaratakan kambang disajua tuh . Jadi banyakkai urang nang barabut, tamasuk jua Anang Pacul. Saking handaknya, kamana-mana Anang Pacul mairingi tarus lawan Diang Kijil. Ka pasarkah, ka batangkah, kamana haja (nang kaya pangawal alias body guard). Nang panting kada ka rumah karna ada abahnya. Karana abahnya habarnya panyarikan banarrr. Saking panasarannya, karna kada suah masuk ka rumah pambakal, pas malam Ahad taparaung ada urang salamatan, jauh pang pada rumah pambakal. Si Anang nih tadi sudah baniat matan rumah bahwa inya kada tulak dating ka urang salamatan, karna inya sudah baisi rancana bahwa inya handak batamuan lawan Diang Kijil. Karna di dalam pikiran Anang Pacul pastilah kadua kuitan Diang Kijil tulak ka urang salamatan. Jadi inya kawa masuk, tapi masuknya kada malalui lawang, tapi malalui lulungkang alias jandila. karna inya takutan kaluku kalihatan urang. Pas sampai dihiga rumah pambakal si Anang ni bingung handak mancungkil lulungkang nang mana. Karna lulungkangnya ada dua buting, jadi inya kada tahu nang mana lulungkang kamar diang kijil. Imbah dipikir-pikir ulih Anang, inya mamutusakan handak mambuka lulungkang nang sabalah ampah ka halaman haja nang handak dibukanya, karana cahaya lampunya takurup sadikit pada nang disabalahnya. Dalam hati Anang bapikir, pastilah kamar bibinian nang katuju pina bakadap sadikit pada lalakian. Pas haratannya asik mancungkil lulungkang inya bapikir pacangan batamuan lawan si Diang kijil. Pas lulungkang tabuka, bilang handak pacul jantung Anang. Kanapa sababnya? Kanapa nang dilihat Anang … Abahnya si Diang badiri sambil mangutii parang, dikiranya maling nang handak masuk ka kamarnya. Karna sama-sama takajut, maka …tadiamai satumat nang kaya patung. Mata sidin kada sing kijipan nang kaya mata kasisiur. Imbah malihat si Anang nang dihadapan sidin, sidin bakuciak… “Maaaliiinggg! Maaaliiinggg !” Karna Anang takajut dipadahakan maling oleh pambakal, lalu bukahai inya kada maingat, ranjah sana ranjah sini nang kaya babi gila, kada baharung napa-napa lagi, supaya capat sampai ka rumahnya. Sampai di rumah hinaknya bilang nang kaya dikapung hantu, bilang ngos-ngosan. PANDIRAN DI WARUNG Nanang : Assalamu’alaikum cil. Umpat manukar banyu sacangkir, hakunlah …? Acil Nancy: Wa’alaikum salam. Banyu apa ikam handak. Banyu hirangkah, putihkah atawa cuklatkah ? Nanang : Tasarah pian cil-ai, nang hirangkah, putihkah, cuklatkah, bacampurkah atawa kada sing banyuaan kah. Aja kaina ulun mahirupnya, ulun mahir jua managuk mamacam kaya galapung (sabu-sabu) kancing (ubat-ubatan) sampai banyu kamih kuda (Malaga) itu gin ku taguk. Acil : (tabulalak mata sidin) Nang, ikam ni nagakah atawa manusia aluminium pina saraba taguk. Nanang : aluminium, millennium, cil-ai. Paina mus, nih. Acil : Nangapa pula paian mus nitu ? Bahasa lautkah ? Nanang : Paina mu situ mina musti cil-ai. Makanya balajar, jangan wajik tia wajik nang diulah. Acil : lakasinah minum aku handak tutup. Malam nini ada filem rami di TV habarnya Udin Jorghi: Napa garang filemnya cil ? Acil : Habarnya filem BF Nanang & udin : Ha !!!!! (Nanang wan Udin tapaimbai baucap) filem BF kah cil ? filem hayam itukah cil ? Acil : Filem hayam …, filem kala-lawartuh-ai. Itu nang judulnya “Batman Forever” itu nah. Nanang & Udin : Ooo…! Dikira filem itu. Ih … ngeri banar cil-ai. Acil : Makanya utak ikam itu sudah bavirus, tu basuh dahulu lawan banyu panawar cap Rinso. Supaya hilang virusnya. Nanang & Udin : Acil nih, nang kaya urang- urang suah ha manonton filem kaya itu hareeem cil-ai Udin : Nang, kaina imbah minum gani-i aku nukar SS lah ? Nanang : Ayu ja Acil : Ikam handak nukar sabu-sabu kah ? Ikam kupadahakan lawan pulisi ni. Udin : Sabu-sabu ! Salawar Simpak cil-ai(ujar udin babisik katalinga Acil) Acil : Muyak nih baparak-baparak lawan aku, nih nah parak tacium tahulah! Acil :Lakasinah bayar, aku handak tutup. Nanang : nah duitnya kada suah gin diangsul cil-ai. Udin : Acil bungas … ulun bahutang dulu lah …(ujar udin baparak pulang). Acil : Bulikan dah buhan ikam, muyak banar aku malihat (Had@). PUISI CERMIN Kalau camar sudah pergi Jangan harap dia kembali Kalau mawar telah layu Jangan mimpi akan segar lagi Hilang …. Pergi adalah makna Layu adalah cermin Mungkin masih ada asa tersisa Bersama luka Hitam putih itu tanda Kelam bawa siksa Tapi adakah makna …. Uraikan derita Pahlawan Pahlawan kau membela negeri ini Kau rela mempertaruhkan nyawamu,,,, …demi negeri tumpah darahku… Jasamu yang begitu besar hingga tak dapat terbalaskan…. Wahai pahlawanku…semoga kepergianmu tak pernah kami lupakan …. Semoga amal ibadahmu diterima oleh yang maha kuasa.. By: Hatmah&Syarihin Keindahan islam Islam adalah pelita dalam hidupku Islam bagaikan metari yang slalu bersinar Di pagi hari dan memberikan kehidupan dan kesejukan yang abadi Islam telah tertanam kokoh dihati Lebih kokoh dari pada pohon Dan lebih besar dari samudra Islam takan pernah pudar Dan hancur walau tertimpa angin dan desakan gelombang air laut DRUGS When I was in loneliness You came to me Offering a dream of happiness Promising me a thousand of hopes Bringing me to fly to heaven Rowing excitements in endless sea But you lie I was trapped You killed my soul You sent me in a jail of sins You left me drowning in a regret of my Foolishness You cut my feet to stand my confidence on Oh …. Drugs You are really a coward You have thrown my real happiness away from My life Don’t be happy oh real evil Just go away Although I am lost, but you are the real looser There is a light of hopes Hopes of goodness and fairness Whispering and awakening me up From my blindness and unawareness JILBAB Hari demi hari terus berlanjut Usia bumi semakin terkikis Tahun demi tahun kian melaju Kebiadabanpun semakin maju Mentari tak pernah henti bersinar Bagai iman yang selalu memancar Dari lubuk hati gadis yang berjilbab Yang penuh rasa tanggung jawab Dia tak akan terbawa arus jaman Yang seakan-akan menggetarkan iman Jadikanlah jilbab sebagai penebal iman Walaupun banyak halangan dan rintangan Iman merupakan pancaran sinar yang lurus Memakai jilbab yang bukan karena arus Tidak pula dijadikan sebagai kedok Utuk penutup rambut yang rontok Jilbabpun tak asal menempel Yang biar lepas ketika apel Tapi dijadikanlah sebagai kekuatan Yang bisa menahan godaan syetan PANTUN Kaya apa mambalah kanas Ambil lading balah dua Kaya apa hati kada panas Malihat pacar baganding dua Kalu bajualan kada payu Cuba cari panyababnya Bila ikam mancintaiku Cuba buktiakan lawan diaku Hari ini hari bahagia Esok hari baduka Lamun hidup bapoya-poya Bila mati masuk naraka Amun langit kadada tiangnya Surga mana pang kuncinya Ikam cinta mana buktinya Amun sayang mana tandanya Nyamannya makan rambutan Makan rambutan di atas puhun Nyamannya pacar bahupan Amun bakalahi babincul binculan Iwak halus banyak kada sakira Iwak ganal ada di pasar Wayah halus disayang uma Amun ganal disayang pacar Iwak ganal jangan dipanggangi Amun dipanggangi banyak minyaknya Lalakian jangan banyak dicangangi Amun dicangangi banyak ruginya Buah kuini buah kadundung Amun dimakan harus dirasa Gasan napa bakata buhung Amun buhung tamasuk dusa Gasan napa mambari hadiah Amun kada supaya disayang Gasan napa manukar kupiah Amun kada dibawa sambahyang Andak diambin buah mingkudu Mudahan kadada nang maincar Gasan napa mambaca buku Amun kada pang handak pintar Buah kuini dihiga parit Dimakan bubuhan warik Kaya apa abah kada sarik Gawian anak maminta duit Pak Aban manjual langsat Harga saribu ditukar jadi Kaya apa awak handak sihat Saban hari makan iwak wadi Kayuh jukung ka kuta Medan Singgah satumat ka Banjarmasin Bapadah harat bapacaran Sakalinya takutan kawin Pak Camat tulak ka Samarinda Malihat warga maulah kain sutra Kalu bulih ulun batanya Apakah badusa jatuh cinta ? Dari mana datangnya Koran Tantu haja matan wartawan Dari mana datangnya kawan Mulainya matan kanalan Gasan napa barambut panjang Kalu kada sampai ka batis Jangan wani bapadah sayang Amun kada wani saraba habis Manis-manis buah kuini Tapi sayang di tangah hutan Manis-manis bibinian wayahini Tapi sayang pangaramputan lawan mata duitan Buah sumangka buah kadundung’ Jangan sarik dung ??? Rumah kada bakaca Luar dalam barasih isinya Amun sudah suratku dibaca Capati pang unjuk balasannya Amun ikam handak ka padang Jangan kada ingat mambawa cangkulnya Amun ikam handak badatang Jangan kada ingat mambawa duitnya Binatang baduri ngarannya landak Sadikit dirawa langsung balalu Amun kita sama-sama handak Lakasi haja bawa kapangulu Hidup ini banyak gudaannya Jangan ikam mancaci maki Amun ikam ada nang punya’ Kada handak lagi aku mamaraki Hirang-hirangnya si buah manggis Gugur kalaut disambar hiu Amun ikan tahu bahasa inggris Nangapa garang artinya I LOVE YOU Durian banyak durinya Takan asadikit sakit rasanya Amun ikam handak lawan inya Jangan takutan lawan abahnya Tulak ka pasar manukar rambutan Handak dibawa tulak mangatam Kanapa ikam pina parangutan Salah sadikit bisa mahantam Amun hidup kada bacinta Bagai taman kada bakambang Amun ikam banyak bakata Itu tandanya ilmu nang kurang Bapadah mambanan tarung Sakalinya mambanam sapat Bapadah handak ka warung Sakalinya handak badapat Gasan napa mancari kayu Amun kayunya masih basah Gasan napa mancari aku Amunnya aku masih sakulah Gasan napa mananam tumat Amun kadada buahnya Gasan napa bakirim surat Amun kadada dibalasnya Gasan napa mananam kanas Amun hanya dipinggir jurang Gasan napa bamuha bungas Amun kada suah sambahyang Kalu abang tulak ka pasar Jangan kada ingat manukar sapatu Kalu abang handak malamar Tunggu ulun sakulah dulu Kalu ikam makan kustila Jangan lagi makan dalima Kalu abang ada nang punya Urang lain maraha handaknya Jalan-jala ka pasar kamis Sapu tangan diambil urang Dijalan abang jangan manangis Amun pacar diambil urang Diana itu ngaran bujurku Sei turak kadiamanku Amun ikam cinta lawan aku Buktiakan supaya aku kada ragu Hidung sasak Kapala ngalu Urang handak aku kada tahu Kada guna babaju jas Amun kada mamakai dasi Kada guna bamuha bungas Hati rigat bacampur dangki Lamari kayu lamari kaca Amun kada diisi kain Aku takutan bamain cinta Kalu pina disuruh kawin Iwak tapah Iwak pipih Aku lapah Aku ampih LAGU WESTLIFE I have dream a song to sing To help me cope with anything If you see the wonder of a fairy tale You can take the future Even if you fail. Reef I believe in angel something good in Everything I see I believe in angel When I know the time is right for me I’II cross the stream I have a dream I have a dream A fantasy To help me through Reality And my destination Makes it worth the while Pushing trough the darkness Still another mile … (back to Reff)

PENGUMUMAN

PENGUMUMAN DIBERITAHUKAN KEPADA SEMUA CALON PESERTA DIDIK BARU BAHWA DIHARAPKAN UNTUK BERHADIR PADA : HARI :SABTU TANGGAL :29 JUNI 2013 WAKTU :08.00 TEMPAT :SMPN2 DANAU PANGGANG AGENDA :PERSIAAPAN DAN PENGARAHAN MASA ORIENTASI PESERTA DIDIK BARU PAMINGGIR, 28 JUNI 2013 KEPALA SEKOLAH, AHADI ILHAMI M.Pd

รบ